susah juga jadi ortu…

pernah suatu hari saat aku sedang membeli makanan diwarung deket kos…
si penjual sedang memarahin anaknya karena nakal… lalu dia berkata padaku…
anakku itu lho mbak nakalnya kayak setan..
deg… serem amat ya ni ibu… kok anaknya sendiri dibilang setan…
serem, ntar kalo beneran kejadian gimana itu…
kalau kita ingat bahwa kata2 seorang ibu itu adalah doa… waduh…
langsung aja aku bilang… jangan bilang seperti itu bu…
mbok ngomong yang lebih baik aja…masa anak kayak setan…

my mom always says :
kalo kita gak boleh ngatain anak kita nakal, ntar jadi nakal beneran…
kalo nakal bilang aja…yang pinter ya nak…biar dia gak jadi nakal…

kadang seorang anak kecil punya rasa bangga yang berlebihan…
misalnya kalo kita bilang dia pinter… pasti dia seneng banget dan akan selalu
berusaha menunjukkan kalo dia pintar,
nah kalo kita bilang dia nakal… dia akan merasa bangga bisa jadi anak nakal…
gawat… anak kecil kan belum tau mana yang baik dan mana yang buruk..
jadi tugas orang tua membimbing dengan benar..
kalo dipikir.. berat juga ya tugas orang tua itu.. didikan ortu akan membentuk
karakter seorang anak jika besar nanti.. kalo salah didikan bisa salah seterusnya..
susah juga..besok anakku ingin kudidik seperti apa ya… ilmu mendidik anak
emang penting untuk dipelajari.. bukan hanya untuk guru TK aja.. termasuk
untuk calon2 orang tua.. dan yang sudah jadi orang tua..

kalo lihat nanny 911… waduh ternyata tidak gampang ya jadi orang tua…
kadang keegoan orang tua itu bisa berakibat buruk bagi anaknya…
orang tua yang tidak saling menghargai satu sama lain.. membuat sang anak
juga tidak akan menghargai orang tuanya… karena anak akan selalu mencontoh
apa yang orang tuanya lakukan…
komunikasi antar orang tua dan anak yang baik juga akan membawa dampak
yang baik.. orang tua harus bisa memahami perasaan dan keinginan seorang anak..
tidak hanya memaksakan kehendak yang menurut dia terbaik untuk anaknya…
komunikasi yang baik tidak selalu harus dengan kuantitas yang tinggi… tapi yang terpenting adalah kualitas dari komunikasi tersebut…
setiap keputusan dan pemecahan masalah harus melalui diskusi dengan anak.
tidak mutlak keputusan orang tua.. toh anak juga manusia…punya hak untuk berpendapat…
setiap anak punya rencana sendiri tentang masa depannya… orang tua hanya bisa mengarahkan dan mendukung apa yang terbaik untuk anaknya…

beruntungnya kita yang masih punya kedua orang tua yang masih hidup sampai
saat ini.. karena bimbingan mereka masih kita butuhkan dalam mengarungi hidup
yang kadang jauh dari apa yang kita bayangkan.. dukungan keluarga sangatlah
berarti… love u mom.. dad.. sister…

4 thoughts on “susah juga jadi ortu…

  1. trihatmaja says:

    >> kk puguh..

    iya nih, si yani kayak udah mau jadi ortu aja..dah kuatir gitu..wkwkwk..

    biasa ae yan..

    btw sing dadi bojomu sopo ngko yo??

    ktiban duren paling yo..hahaha..guyon..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s