episode ke-3 : kota tape…

dongeng ini berlatar belakang di kota tape.. bondowoso…
kota yang dingin, tentram, nyaman, pokoknya… lovely city lah…

tinggal di jalan letjen suprapto… lupa nama gangnya… dan nomor berapa…
pokoknya belakang smp 4 bondowoso

waktu pindah ke bondowoso… bawa kucing… hee… kasian kucingnya
kepanasan waktu di mobil… kasian bgt apalagi pas nyampe probolinggo…
gila.. ni kota panas banget.. gak kebayang tinggal disini…. nyampe di arak arak…
si pus mulai tidur.. enak kali ya.. dingin… hehe… aku juga dah mulai ngantuk… pemandangan di arak arak emang bagus… jalannya berkelak kelok naik gunung…
dari atas kelihatan kota besuki… bondowoso masih dibalik gunung itu…
kata bapak kalo malem suka banyak yang berburu celeng disitu… hiiii…

yang paling mengherankan di arak2… rumah2 disitu jelek2 bo… tapi…
lihat ke atas atapnya… banyak sekali parabola… jaman segitu kan masih merupakan barang mewah walau gak mewah banget… karena di bondowoso susah cari sinyal
stasiun tv, jadinya banyak yang pakai parabola… dan akhirnya bapak juga ikutan
beli parabola…

rumah dibondowoso… adalah rumah yang paling kusuka… halamannya luas,
ada taman di depan… bentuk rumahnya L… pertama kali lihat rumah itu langsung
suka… adem banget… nyaman banget deh.. tapi sayang jalan di depannya kecil dan rusak…jadi mobil susah masuk dan keluar.. harus bener2 seorang ahli…

daku melanjutkan sekolah di sd kotakulon 1 bondowoso… trus kenalan sama
merry, mega, dewi, faidatus, dan banyak lagi deh… hehe…secara satu kelas ada
50 orang lebih… gila tuh bangku dempet2 ampe mepet… dulu sempet kaget waktu pertama kali masuk… ada tradisi menghafalkan pasal2 uud… sekarang gak guna
juga… hehe… di sekolah ku yang dulu gak ada hafalan uud gitu.. heeeee…. pantes
gak maju2… tapi alhamdulillah… disana aku bisa rangking satu lagi…

pernah ikut lomba cerdas cermat P4… ya allah jaman jadul banget… ngafalin
soal2 P4 ampe mencret… (lebay) and thanks to cak nan… yang udah bantuin
ngafalin hehehehe… waktu itu aku bertiga, ada mega sama faidatus… alhamdulillah
bisa menang waktu di tingkat kabupaten… akhirnya kita lanjut ke tingkat propinsi…
asli dibantai… gak bisa jawab… trus di suatu babak ada pertanyaan,
kapan ulang tahun darma wanita dirayakan… duh itu bagianku ngafalin tanggal2 penting…waaaa…. apa ya…. lamaaaa gak da yang jawab, kebetulan itu pas babak rebutan… trus tiba2 tring…tring… aku keingetan pernah lihat undangan untuk
ibu dirumah yang isinya tentang perayaan hut darmawanita… hahaha… aku coba jawab..dengan banyak sekali keraguan… hehehe…lupa2 inget… dan alhamdulillah
bener. dan selanjutnya bayangkan sendiri….asli kalah deh… ehehe…
dan pernah kita tertipu… ada yang bilang kalo kita masuk babak semifinal…
padahal kalo di kalkulasi kemenangan gak bakal lolos…
kita yang udah santai2 di kamar akhirnya buru2 ke aula…
aku dah ngerasa aneh pas masuk.. kok ada 4 tim.. padahal seharusnya 3 tim,
setelah peserta dipersilakan untuk maju…
kami bertiga iku maju dunk… tapi dengan muka malu kami harus kembali…
karena kami memang tidak seharusnya berada disana… hiks..hiks…

pernah ikut lomba gerak jalan… 17an… hahaha yang paling jungkir balik sama
mbak ria, kalo dia baris selalu dibarisan depan… nah aku… nomor dua dari
belakang… alias emang mungil… haha dan mbak ria emang bongsor… tapi gpp..
.it’s not a big deal.. hee… danton ku waktu itu si yuli… dia tuh orang yang gak
bisa serius…dikit2 ketawa…nah anak2 udah pada panik..takut pas lomba dia njuk
tiba2 ketawa… untungnya tidak…hehe… waktu itu jalan berapa kilo ya.. 5 kiloan
deh kayaknya… pokoknya mah kita dulu harus stabil kecepatannya gak boleh
terlalu cepat dan gak boleh terlalu lambat… pernah disalip ama regu lain…
yang pake nerobos barisan itu lho.. mereka cepet banget…kita mah nyantai…
alon2 waton kelakon.. pas berhenti langsung puyeng… capek.. tegang trus…
tapi gak sia2 kita jadi juara juga… hee

pengalaman ikut jambore pramuka walau cuma di tingkat kabupaten juga ku
dapat di bondowoso… waktu itu aku juga ditunjuk jadi pembaca undang2
dasar pas upacara… yang milih tuh gimana ya… suaraku kan lirih banget…
njuk disuruh teriak… mana lapangan segedhe gambreng… dan ga pake mikrofon…
bisa dibayangkan… semut kecil di ujung gunung pun tak bakalan dengar…(ya iyalah)
tapi seneng waktu jambore, hehe pertama kali pegang panah… dan disuruh ikut
lomba manah… jelas kalah… waktu outbond juga menyenangkan…
tapi tak banyak yang kuingat… hanya hutan jati yang sangat gersang…
hal yang paling aku sukai adalah merakit sebuah tiang bendera pake tali2 dan
tongkat… seru aja ngubet2in tali di tongkat pramuka… tapi dah lupa semua
sekarang, dah gak pernah ikut pramuka lagi sejak smp…

cerita ini akan berlanjut…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s